Rabu, 20 April 2011

Alat Transportasi Tempo Dulu

Becak
Siapa sih di Indonesia ini yang tidak tahu becak. Becak (dari bahasa Hokkien: be chia “kereta kuda”) adalah suatu moda transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia dan juga di sebagian Asia. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi. Becak juga sebagai salah satu alternatif kendaraan jika ongkos kurang dan ga bisa naek taxi atau bis kota hahaha.... (^_^) 


helicak 1


becak 1

becak 2

becak 3

becak 4

becak dan penumpang 2

becak dan penumpang 3




becak 5


helicak 2

keramaian kota

becak 7

becak dengan penumpang 4


becak dengan penumpang 5


becak lagi di bengkel
Trem
Trem merupakan kendaraan yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Alat transportasi bernama trem mulai diperkenalkan di Batavia pada 1869. Trem pada masa itu ditarik oleh kuda. Meski "mesin penggeraknya" kuda, tapi jarak tempuhnya lumayan panjang, dari Kwitang ke Pasar Ikan. Lambat laun posisi trem kuda digantikan dengan trem bermesin uap pada 1881. Ketel uap yang ditempatkan dalam kaleng besar menjalankan lokomotif trem. Hingga tanggal 10 April 1899 trem listrik mulai beroperasi di Jakarta.


trem 1

trem 2

trem 3

trem 4

trem 5


trem 6

trem 7

trem 8

trem 9



trem 10


trem 11

trem 12

trem 13

trem 14


trem 15

trem 16


Oplet
Oplet, pernah berfungsi sebagai kendaraan umum nyaman di Jakarta. Kini digantikan oleh mikrolet. Pada 1960-an dan 1970-an oplet menjadi kendaraan umum paling populer di Jakarta. Bis sedang dan besar masih jarang. Ketika itu trayek yang paling banyak dilalui oplet adalah Jatinegara – Kota. Rutenya adalah Stasiun Jatinegara lewat Matraman Raya, Salemba Raya, Senen, Pasar Baru terus memutar di Harmoni. Nama oplet mulai terkenal di masyarakat luas selain Jakarta yaitu pada saat kemunculan film Si Doel.

oplet 1

oplet 2

oplet 3

oplet 4

oplet 5

oplet 6

oplet 7
Taxi Tempo Dulu
Sebelum penemuan mobil, praktek menyewa kendaraan untuk umum berada di tempat. Pada tahun 1640, di Paris, Nicolas sauvage menawarkan kereta kuda dan driver untuk disewakan. Pada tahun 1635, di Hackney Carriage Undang adalah undang-undang pertama berlalu yang mengendalikan kereta kuda untuk disewa di Inggris.

taxi 1

taxi 2

taxi 3

taxi 4

Bis Tingkat
Tanggal pengenalan bis tingkat (sama seperti bus pertama itu sendiri) tampaknya terbuka untuk perdebatan, sebagai versi yang berbeda model dan klaim muncul di seluruh internet. Secara umum yang disepakati adalah bus komersial pertama kali diperkenalkan secara luas pada 1820 itu, (dengan beberapa upaya sebelumnya gagal sebentar dicatat di Perancis pada awal 1662) dan ini adalah beberapa waktu sebelum pengenalan dari mesin pembakaran, mereka yang ditarik kuda seperti yang Anda harapkan. Awal bus ini disebut 'omnibus' dan dioperasikan di Perancis dan Inggris, dan itu sebelum 1847 ketika Adams & Co karya Fairfield, diproduksi kendaraan dengan atap clerestory dengan dibangun di atas menjalankan kursi panjang bus. Ini pertama kali dioperasikan oleh Pengajuan Ekonomi Perusahaan London, dan untuk mendorong orang untuk menggunakan tarif setengah dari biaya duduk di dalamnya. Bus double decker dengan atap terbuka yang ditarik kuda awalnya tidak populer, dan butuh waktu hampir 10 tahun untuk ide untuk menangkap, ketika pada tahun 1852 John Greenwood memperkenalkan jauh lebih besar double decker dengan ruang yang cukup untuk sampai dengan 42 penumpang dan dibutuhkan menarik dengan 3 kuda, dengan dek atas masih diakses oleh tangga.
Bus ini menjadi lebih aneh dengan inovasi seperti sebuah tangga untuk membuat akses ke dek atas lebih mudah, bersama dengan menghadap ke depan kursi taman daripada kursi longitudinal, dan ini memudahkan wanita untuk menaikinya. 

inilah nasib bis tingkat sekarang. kasian yah... ("__")

bis tingkat 2

bis tingkat 3

bis tingkat 4

bis tingkat 5

bis tingkat 6

bis tingkat 7

bis tingkat 8

bis tingkat 9

bis tingkat 10

bis tingkat 11

bis tingkat 12

bis tingkat 13

bis tingkat 14

bis tingkat 15

bis tingkat 16

bis tingkat 17

bis tingkat 18

bis tingkat 19

bis tingkat 20

bis tingkat 21

bis tingkat 22


bis tingkat 23

bis tingkat 24

bis tingkat 25

nasib bis tingkat saat ini.

karena tidak lagi dipakai akhirnya dipakai sebagai distro pakaian

interior bis tingkat

mesin bis tingkat

bis tingkat

interior tempat duduk penumpang bis tingkat

mesin bis tingkat

mesin bis tingkat















1 komentar: